Perjuangan Timor Leste dan Status Timor Leste Pada Tahun 1975

21 01 2010

Perjuangan Timor Leste dan Status Timor Leste Pada Tahun 1975

Militer Timor Leste 2010

Militer Timor Leste 2010

Angkatan Darat Timor Leste 2010

Angkatan Darat Timor Leste 2010

Forca Timor Leste

Forca Timor Leste

Pengusiran Indonesia dari tanah Timor Leste meminta banyak korban nyawa dari pemuda – pemudi Timor Leste dari saat Indonesia menjajah Timor Leste
pada tahun 1975. Mulai dari tahun itu Indonesia berusaha menundukan para pejuang Timor Leste yang sering dicap oleh tentara Indonesia sebagai Gerakan Pengacau Keamanan (GPK). Militer Indonesia menduga bahwa mereka bisa mematahkan perlawanan pejuang – pejuang TL tapi mereka salah total. Militer Indonesia mengira mereka bisa menundukan tentara – tentara FRETILIN dan milisi FRETILIN dengan mudah seperti yang mereka lakukan pada saat menumbangkan PERMESTA dan PRRI tapi mereka salah lagi karena tentara FRETILIN adalah para pejuang gigih dengan taktik perang yang ampuh juga meski tidak memiliki peralatan yang canggih seperti Indonesia pada saat menyerang dan menduduki negara kecil Timor Leste pada tahun 1975. Sekalipun Prabowo dengan pasukan khsusunya (KOPASUS) ingin menjajal kemampuan perang para tentara FRETILIN yang mengakibatkan kedua belah pihak berperang selama 12 jam dan jatuh banyak korban di kedua belah pihak. Tentara FRETILIN menggunakan senjata – senjata kuno peninggalan PORTUGIS, parang serta senjata – senjata modern rebutan dari tentara – tentara Indoensia yang ditembak mati. Perang tersebut berlangsung di daerah LOSPALOS bagian paling timur pulau Timor. Setelah berperang selama 12 jam, pasukan PRABOWO pun mundur dan meninggalkan banyak prajuritnya yang tewas tergeletak tak bernyawa. Dari pihak tentara FRETILIN yang dikomandoi oleh KORONEL LERE ANANG TIMOR juga jatuh korban. Perang yang sangat lama dan bersejarah bagi militer Indonesia untuk menumpas sebuah perlawanan. Korban di kedua belah pihak telah meninggalkan banyak janda dan anak – anak yatim. Mungkin kata cukup sudah adalah pilihan kata yang terbaik bagi kedua negara.

Pahlawan Timor Leste

Pahlawan Timor Leste

Heroi de Timor Leste, voces sempre connosco!!!

Heroi de Timor Leste, voces sempre connosco!!!

Hidup Xanana, Ramos Horta, Alkatiri dan Bishop Belo!!!! Kami cinta kalian

Hidup Xanana, Ramos Horta, Alkatiri dan Bishop Belo!!!! Kami cinta kalian

Timor Leste dan Indoensia bagaimana pun juga pernah mengalami penjajahan, Indonesi dijajah oleh dua negara Belanda dan Jepang, dan Timor Leste djajah oleh 3 negara (Portugal, Jepan dan Indoensia) dan mungkin rakyat Indonesia telah mengalami betapa kejamnya saat – saat penjajahan begitupun dengan rakyat Timor Leste.

Kesepakatan kedua negara Timor Leste dan Indonesia untuk melupakan masa lalu dan lebih melihat ke depan memang mengundang banyak pro kontra. Dipihak Indonesia para korban operasi seroja dan lain sebagainya sakit hati menerima kata “Melupakan Masa Lalu” dan begitu juga di Timor Leste, para korban perang pada saat diduduki oleh Indoensia juga mendesak keadilan, pertanyaanya bagaimana semuanya ini akan berakhir??? Disaat negara – negara lain berupaya untuk memejukan bangsanya justru para korban meminta keadilan??? Sedangkan negara – negara maju sahabat seperti Australia dan Malaysia  terus berupaya membuat REKONSILIASI kedua negera Indonesai dan Timor Leste menjadi terhambat. Apa maksud mereka menghambat REKONSILIASI kedua negara yang pernah hidup dalam satu atap???

Semua orang memang tidak pernah suka ditekan, jadi seperti layaknya sebuah negara tidak ingin ditekan dan tidak ingin dihina oleh bangsa lain manapun di dunia karena manusia pada hakekatnya adalah sama yaitu sejak lahir telanjang dan tidak mengenakan atribut apapun seprti sekarang (atribut agama dan negara) semua makluk
diciptakan oleh Tuhan dan manusia yang menciptakan agama dan negara.

Yang penting saat ini adalah kedua negara saling mengampuni dan bekerja sama dalam mensejahterakan masing – masing rakyatnya. Bagaimana pun juga orang – orang Timor Leste (penduduk asli yang memilih untuk tetap bergabung dengan negara kesatuan republik Indonesia) pun banyak menetap di Indonesia begitupulah dengan banyak orang – orang Indonesia yang memilih untuk tetap tinggal dan menjadi warga negara Timor Leste pun banyak. Jadi dengan adanya faktor ini dan faktor lainya kedua negara pada dasarnya sudah bisa saling memaafkan dan melupakan masa lalu, berusahalah untuk melihat ke masa depan dan lebih fokus pada mereka yang masih hidup, karena mereka yang masih hiduplah yang semestinya menjadi sesuatu yang perlu dipusingkan dan bukan masa lalu yang dipusingkan.

Banyak orang – orang Indonesia yang merasa sangat bangga dengan negaranya, begitu juga dengan orang – orang Timor Leste yang sangat bangga dengan negaranya. Banyak masyarakat Indonesia yang tidak merelakan lepasnya Timor – Timur mungkin karena mereka tidak mengetahui sejarah yang original ketika Timor – Timur diintegrasikan ke dalam NKRI, mungkin dengan film dokumenter BALIBO mereka sudah bisa paham dan menerima maksud dari orang Timor Leste untuk berpisah dan melepaskan diri dari NKRI, mereka sudah bisa melupakan sejarah yang dibuat – buat oleh orde baru layaknya film – film G30S-PKI yang membohongi rakyat, begitupun juga dengan status Timor – Timur yang ditutupi oleh rezim orde baru yang mengklaim bahwa Timor – Timur adalah bagian dari wilayahnya dan telah membohongi lebih dari 200 juta rakyat Indonesia dari Aceh hingga Papua soal masalah Timor – Timur, kebanaykan dari mereka menceritakan sesuatu yang serba salah tentang Timor – Timur setelah mereka bertugas kesana, sungguh sesuatu yang sangat ironis, bagaimana bila hal demikian dibuat kepada anda????? Tentu anda akan merasa terhina di depan orang lain??? Padahal orang lain tersebut tidak tahu sebenarnya tentang akar persoalan tetapi dengan kebohongan tersebuit orang lain telah menggambarkan anda sebagai seseorang yang jelas – jelas menurut imajinasi sang pencerita tersebut, dan akhirnya imajinasi dan sosok anda tersebut menjadi kebenaran umum dan anda pun hidup dengan perasaan hina. Tetapi apa yang terjadi bila semua kebohongan tersebut terkuak??? dan kebenaran diangkat ke permukaan?? Apakah mereka yang telah membohongi anda adalah penyelamat dan pahlawan???? Ataukah anda ikut-ikutan menjadi korban dari kebohongan mereka akan sesuatu informasi rekayasa yang mereka buat – buat??? Dan bila kebenaran telah terkuak apakah sang pembohong bersedia mengatakan itulah versi benarnya?? ataukah tyerus – terus mencari alasan untuk membenarkan kebohonganya tersebut????

Kebanggan Semua Rakyat Timor Leste Adalah Hidup Lepas dan Merdeka!!!

Kebanggan Semua Rakyat Timor Leste Adalah Hidup Lepas dan Merdeka!!!

Film Balibo menceritakan kebenaran tentang rakyat Timor Leste dan status tanah Timor Leste, dimana Timor Leste telah menjadi sebuah negara pada tahun 1975 ketika Portugal memberikan kebebasan kepada negara – negara jajahanya untuk mendirikan negara sendiri dan dunia Internasional mengagumi Portugal, dan Indonesia dengan rezim orde barunya langsung mencaplok wilayah Timor Leste dan memasukanya dalam NKRI sungguh sesuatu yang SANGAT MEMALUKAN. Tetapi Indonesai tidak dengan tulus dan merelakan keinginan rakyat Timor Leste menjadi TRUE, itu karena kekuasaan sebuah rezim militer yaitu rezim Orde Baru pimpinan Soeharto yang ingin mencari pengalaman menjadi sebuah negara penjajah. Dan yang jelas rezim orde baru telah meninggalkan hutan negara yang sangat besar bagi generasi penerus bangsa Indonesia.

Ass,,wr,wb

About these ads

Actions

Information

2 responses

7 04 2013
Maulana Ardiansyah

thank’s brother untuk informasinya,

7 11 2013
Afonso

Entah Artikel ini di buat oleh siapa ?, tapi sebagai Orang Timor Leste, saya sangat Bangga ketika MembacaNya…………sungguh Luar biasa Penjelasanya……..salam dari Timor Leste….!!!!!!!!!!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 50 other followers

%d bloggers like this: