FRETILIN dan TIMOR LESTE

01.Proklamasi-Kemerdekaan-Timor-Leste-1975

01.Proklamasi-Kemerdekaan-Timor-Leste-1975

02.Pasukan-FRETILIN-1975

02.Pasukan-FRETILIN-1975

03.Kabinet-Pertama-Pemerintah-Timor-Leste-1975

03.Kabinet-Pertama-Pemerintah-Timor-Leste-1975

04.Rakyat-Timor-Leste-Kelaparan-Karena-Invansi-Indonesia-1975

04.Rakyat-Timor-Leste-Kelaparan-Karena-Invansi-Indonesia-1975

44 thoughts on “FRETILIN dan TIMOR LESTE

  1. DAri wikipedia:

    Operasi Seroja adalah sandi untuk invasi Indonesia ke Timor Timur yang dimulai pada tanggal 7 Desember 1975. Pihak Indonesia menyerbu Timor Timur karena adanya desakan Amerika Serikat dan Australia yang menginginkan agar Fretilin yang berpaham komunisme tidak berkuasa di Timor Timur. Selain itu, serbuan Indonesia ke Timor Timur juga karena adanya kehendak dari sebagian rakyat Timor Timur yang ingin bersatu dengan Indonesia atas alasan etnik dan sejarah.

    Angkatan Darat Indonesia mulai menyebrangi perbatasan dekat Atambua tanggal 17 Desember 1975 yang menandai awal Operasi Seroja. Sebelumnya, pesawat-pesawat Angkatan Udara RI sudah kerap menyatroni wilayah Timor Timur dan artileri Indonesia sudah sering menyapu wilayah Timor Timur. Kontak langsung pasukan Infantri dengan Fretilin pertama kali terjadi di Suai, 27 Desember 1975. Pertempuran terdahsyat terjadi di Baucau pada 18-29 September 1976. Walaupun TNI telah berhasil memasuki Dili pada awal Februari 1976, namun banyak pertempuran-pertempuran kecil maupun besar yang terjadi di seluruh pelosok Timor Timur antara Fretilin melawan pasukan TNI. Dalam pertempuran terakhir di Lospalos 1978, Fretilin mengalami kekalahan telak dan 3.000 pasukannya menyerah setelah dikepung oleh TNI berhari-hari. Operasi Seroja berakhir sepenuhnya pada tahun 1978 dengan hasil kekalahan Fretilin dan pengintegrasian Timor Timur ke dalam wilayah NKRI. Selama operasi ini berlangsung, arus pengungsian warga Timor Timur ke wilayah Indonesia mencapai angka 100.000 orang. Korban berjatuhan dari pihak militer dan sipil. Warga sipil banyak digunakan sebagai tameng hidup oleh Fretilin sehingga korban yang berjatuhan dari sipil pun cukup banyak. Pihak Indonesia juga dituding sering melakukan pembantaian pada anggota Fretilin yang tertangkap selama Operasi Seroja berlangsung.
    ————–

    Invasi, bukan Integrasi

    Saya menegaskan, bahwa Timor Timur diinvasi oleh Indonesia pada 1975, saya sebagai warga Indonesia mengakui hal itu. Saya tidak menyetujui penggunaan kata integrasi yang tercetak di buku sejarah selama orde baru karena itu benar-benar pembodohan semata. Sudah sepantasnya kita mengakui bahwa Indonesia memang bangsa yang ekspansif.

    CATATAN PEMBACA LAIN. ANDA PERLU BACA RESOLUSI PBB 1941 TAHUN 1949 TENTANG MEKANISME KEMERDEKAAN DARI SUATU NEGARA PENJAJAH YAITU PORTUGAL. PORTUGAL MEMBIARKAN TIMOR TIMUR VAKUM PEMERINTAHAN SELAMA 3 BULAN (September, Oktober, Nopember). Selama itu FRETILIN membantai lebih dari 60.000 dari kelompok integrasi yg notabene adalah orang Timor Timur sendiri (ini adalah data resmi dari laporan PBB. Anda tidak bisa membantah itu). Apakah itu bukan dikategorikan genocide atau pembantaian. Dan apakah itu bukan Perang Saudara atau perang antara Saudara?

    • dua pribadi yang sangat berbeda….disini pendapat anda lain, di page yg lain beda lagi….hmmmm saya tidak mengerti. plz be consisten Mr. Suciptoardi

  2. Terima Kasih banyak mas SuciptoArdi….anda merupakan segelintir WNI yang mengerti tentang Timor – Timur.

    Begini mas, ketika masih zaman presiden SOekarno, yaitu sekitar tahun 1945 kebawah, ketika Portugal masih menjajah Timor Leste, intelijen Indonesia telah menyusup ke daerah Timor Leste khusunya di daerah Viqueque dan Atsabe untuk operasi menghasut rakyat agar bergabung dengan Indonesia. Namun operasi tersebut diketahui oleh Portugal. Intelijen tersebut memasuki wilayah Timor Portugis secara ilegal.

    Resolusi PBB memang benar demikian, Portugal membiarkan Timor Leste karena sudah konsititusi dari pemerintah Portugal untuk memberikan kebebasan kpd negara2 jajahanya untuk mempersiapkan diri untuk merdeka. Pada saat mempersiapkan diri utk merdeka tersebutlah maka muncul 5 partai politik pada tahun 1975. Partai yang dibantu oleh Indonesia dalam operasi KOMODO adlah partai APODETI dimana orang2 dari partai tersebut dibiarkan masuk kewilayah Indonesia secara ILEGAL dan dilatih dan dipersenjatai disitu utk berperang melawan FRETILIN, lantas apakah Indonesia beritikad baik???

    Perang saudara memang terjadi pada tahun 1975, kalau di Indonesia perang saudara pecah antara PRRI, PERMESTA , dll dengan pemerintah Indonesia hingga G-30SPKI, dan bahkan masih ada pemebrontakan lain sampai hari ini (ACEH dan PAPUA).

    Masalah etnik dan sejarah, Timor Leste memang mirip orang Indonesia bagian Timur. Tetapi hal ini tidak msauk akal ketika dianggap sebagai salah satu faktor agar mencaplok wilayah Timor Portugis. Karena Indonesia saja berdasarkan ETNIK dan SEJARAH ya mirip dengan PAPUA NUGINI, MALAYSIA dan SINGAPURA….

    FRETILIN memang membunuh rakyat kecil Timor Leste karena kebanyakan mereka tidak sehaluan dengan pandangan FRETILIN tersebut, akan tetapi FRETILIN mengubah imagenya dan sampai sekarang merupakan salah satu partai terkuat di Timor Leste, APODETI yang merupakan kaki tangan Indonesia sekarang sudah tidak eksis lagi di Timor Leste,…

    Terima kasih mas Sucipto…

  3. Mungkin anda mengundang saya untuk berdiskusi di salah satu tulisan anda di blog ini, dengan mengangkat tema tertentu yang kita sepakati. Saya membutuhkan saling kesepahaman yang ilmiah, terlepas emosional sesaat demi kejelasan sejarah. Apakah anda bersedia?….

  4. Mas Sucipto, teruma kasih sekali lagi karena mengunjungi blog yang mewakili perasaan kami kepada negara tercinta kami Timor Leste. Say akan sangat senang kalau kita berdikskusi lagi mengenai EKONOMI, gimana saudara Sucipto????

    terimakasiih

  5. Oke saya sepakat. Namun, Mr. Maubere harus ketahui, bahwa saya bukan berlatarbelakang pendidikan ekonomo, namun demikian dengan bekal beberapa buku yang saya baca, semoga diskusi kita dapat berjalan hangat. Saya akan buatkan sebuah page/halaman dengan judul negara tetangga, dan disalah satu postingannya adalah berisi diskusi kita, tentunya sesuai tema. Bagaimana?

    • saya salut sama diskusi kalian.. karena bermotif inteligen dan memiliki daya moral saling mengerti dan menghargai satu dgn yg lain. semoga kalian semua sukses dlm berkarir..

      selamat berjuan.!!!

  6. Ya saya setuju sekali, ada baiknya kita berdiskusi seputar masalah ekonomi dan berbagi cerita mengenai ekonomi sebagai dasar penopang sebuah negara….Saya sangat appreciate bila saudara sucipto dapat membuatkan page agar saya dan teman – teman lain dapat sharing ilmu di page tsbt.

    Terima kasih sebelumnya mas sucipto…

  7. Kepada temanku Maubere dan warga negara atau pemerintahan Timor Leste ataupun Fretelin.

    Salam persahabatan.

    Tidak sedikit tulisan saya baca tentang kemerdekaan Timor Leste. Namun saya merasa “miskin” karena informasi yang diterima, kebanyakan berasal dari luar Timor Leste. Terkait dengan itu, apakah anda berkenan memberikan pendapat tentang hal berikut ini:

    Bagaimana pendapat anda tentang:
    1. Kemerdekaan Timor Leste dari pendudukan Indonesia?
    2. Kebangkitan bangsa Timor Leste?

    Jawaban anda, di blog ini, akan saya tampilkan di blog saya. Atau anda bisa langsung menjawabnya di blog saya.

    Indonesia memiliki istilah dalam penulisan sejarah begini: “point of view” artinya sejarah yang dipaparkan berdasarkan sisi pandang, orang dalam, dari orang Indonesia. Jadi, berbeda pandangan bila melukiskan Timor Leste. Sudikan anda menuliskan “point of view” tentang 2 pertanyaan di atas ?

    • menurut pendapat saya kemerdekaan timor leste dari pendudukan indonesia, adallah salah satu pilihan yang tepat buat orang timor-leste sendiri karena dengan demikian kita orang timur bisa hidup bebas dan sejaterah dan punya masa depan yang brilliant tampa adanya penindasan dan semua orang bisa mendapa kesempatan yang sama. saya sebagai oran timor-leste saya banga karena kita bisa merdeka dan melepas diri dari Indonesia, kita bisa menjadi dua negara sekalipun kita pernah jadi satu, tapi sekaran kita punya dua presiden ini adalah sala satu kesuksesan indonesia yang bisa memerdekakan sala satu propinsinya, semoga aja selajutnya Aceh dan Papua .kalau bisa semua propinsi di indonesia di beri kesempatan untuk merdeka agar jadi UNI (united Nation Indonesia) enak kan?

  8. Can I join with you? I am anxious about your matter as Timor Leste Civil. What does Indonesia do to Timor Leste up to now? I want to discuss with you…can’t I ?

    • There was reconciliation between two countries so Timorese people now are looking forward to make a strong partnership with Indonesia to build the country of Timor Leste to have a prosper life in the future.

  9. semoga masyarakat timor leste lebih sejahtra dan bisa melupakan masa lalu dan menatap masa depan yang gemilang. Good Bless Timor Leste.

  10. Fretilin mka ita nia dalan ba Independensia timor Leste nian, sem fretilin ohin loron ita la goja ita nia moris hanesan ne’e… mai hamutuk hodi kumu liman ba ita nia Frente atu hetan nafain naroman hodi fo ba Buiberes Mauberes Timor oan hotu ne’ebe maka oras ne’e dadaun sei hamlaha hela, halerik ho matawen

  11. pak sucipto sama pak maubere coba dilanjutkan diskusinya, kayaknya bagus, bagus untuk sejarah anak cucu kita,must be fairplay for our history

  12. Di Timor Leste ada partai apa aja sih selain fretelin?
    Apa benar fretelin itu dulu komunis, yg menjadikan alasan Indonesia (tepatnya Amerika) gerah sehingga menginvasinya?

    Baku bunuh memang telah terjadi antara ABRI dan Fretelin maupun fretelin dengan warga timor leste sendiri yg beda haluan waktu itu.

    Lupakan masa lalu, songsong hari depan yg gemilang untuk Indonesia & Timor Leste

  13. Pembaca yang budiman,
    Semua yang telah terjadi baik yang menimpa sipil dan militer (di Indonesia atau Timor-Leste) adalah karena kita ditipu oleh kepentingan orang lain. Karena itu yang salah adalah pelaku sejarah bukan kita semua yang berdebat di blog ini. Yang penting adalah bagaimana saling belajar dari masa lalu supaya tidak tertipu oleh kepentingan-kepentingan asing. Ke depan kedua negara Indonesia dan Timor-Leste diharapkan untuk bekerjasama dan membina serta melestarikan hubungan bilateral yang baik di masa-masa yang akan datang.
    Kita harus setuju untuk tidak setuju dalam hal-hal tertentu, tetapi yang harus kita setuju bersama adalah membangun suatu hubungan yang harmonis dan menjadi saudara yang paling dekat dan akrab di bagian benua Asia ini. Apalagi….kita masih gampang untuk memakai bahasa Indonesia. Terima kasih.

    Kringkreng dari Timor-Leste

  14. Honestly, I wonder to know the history about Timor Leste, before Join Indonesia, after Join Indonesia and bein independence on 2002,.??

    i hope the answer from the real Timor Leste Citizens..

    Thank you

  15. Hubungan ”intim” (Indonesia Timor Leste) harus bagaikan irama dan syair dalam bahasa Portugisnya letra e melodia .

  16. Sejarah yang saya ketahui bahwa East Timor adalah OVERSEAS TERRITORY OF PORTUGAL sesuai Keputusan PBB 11Juni 1951. Jadi memang seharusnya East Timor bukan wilayah dari Indonesia. 28 November 1975 merdeka dari Portugal.

  17. saya kurang mengenal sejarh timor leste tapi melalui beberapa sumber sya sdikit tau klo timor leste bukan bagian dari indonesia krna bukan jajahan belanda melainkan portugis, alam timor leste kaya tuk mensejahterakan rakytnya.viva timor leste maju trus dan meraih kesuksesan

  18. Nasaun hotu-hotu sempre sei lao ba oin!!!! koandu iha servisu diak entre mea hotu ka Unidade Nasional!!!! Hamutuk ho Fretelin deit mak ita bele servisu ba ita nia rain, tan luta ne’e mai husi fretilin rasik!!!!!

  19. tuir hau nia hanoin atu se deit mak ukun ita nia rai Timor Leste naran katak lori ita nia rain ne ba oin la bele monu iha dalan klaran….VIVA TIMOR LESTE…..

  20. los Kamarada . fretilin mak ita nia mata dalan, maibe percisa hatene.. ne hanesan partidu historico ona… agora tempu to`o ona para gerasaun foun kaer ukun. tamba gerasaun tuan hari`i i depois gerasaun foun kontinua…..
    VIVA…….. COMPANHEIRO……

  21. terima kasih Mas ,, an mempublikasi Sejarah ini : Aceh dan Papua dalam mempertahankan daerah ini Indonesia telah banyak memakan korban jiwa terutama di Aceh ,,, TNI/POLRI, GAM, Sipil : demi kepentingan Pemerintah, di era Moderent abad 21 masih ada daerah Indonesia terjajah , Aceh dan Papua kita Lepas kita rasa Indonesia ini akan aman baik di Internasional maupun Nasional kita bisa hidup berdampingan sesuai dengan rumpun Melayu ,,,,,,,,,,,,,,,,

  22. viva timor leste !! saya sangat gembira melihat timor leste saat ini telah merdeka, banyak peristiwa kemanusiaan yang memilukan sebelum negara kecil ini meraih kebebasanya. bangsa timor leste berhak untuk menentukan nasibnya sendiri. terima kasih tuhan engkau memberkati perjuangan rakyat timor leste untuk mencapai cita cita yang diinginkan mereka. lupakan masa lalu terus maju dan tetap semangat. yakinlah negaramu akan menjadi besar karena banyak darah rakyatmu yang tertumpah dan darah itulah yang akan meyuburkan apa yang menjadi cita cita seluruh rakyat timor leste, jangan ada lagi silang pendapat, pertikaian yang hanya membuat rakyatmu menderita akan tetapi bersatu padulah rakyatmu untuk membangun negaramu, sekali lagi saya ucapkan VIVA TIMOR LESTE !!!!

  23. Salam Kenal untuk semua nya…..saya hanya berpesan sesama kita umat manusia dari berbagai bangsa dan suku, mari kita sambut hari esok yang lebih baik dan semoga Blog ini menjadi sarana pelepas rindu buat indonesai dan Timor leste, saya sebagai warga negara indonesia sedih timor leste harus lepas, tapi saya akan lebih berbangga lagi klo saat ini dan kedepannya Timor leste akan jauh jauh lebih baik lagi..salam saya anak bogor.dan berarap suatu saat saya bisa mampir ke Timor leste…GBU All

  24. Saya sebagai warga negara Indonesia pernah sedih, melihat timor timur lepas dari kami, tetapi akhirnya saya tahu bahwa warga TimTim berhak mendapatkan haknya untuk merdeka. Salam kenal dari saya untuk warga timor leste, semoga negara kalian semakin sejahtera begitu juga dengan negara kami, dan semoga hubungan kita semakin erat layaknya dua sahabat. VIVA INDONESIA! VIVA TIMOR LESTE!

  25. Saya sbg seorg generasi muda Timor Leste merasa banga karna TL menjadi salah satu negara yang merdeka di era moderen dengan sejarah yang penuh likuh dan kini bagaimana kami terus berjuan untuk meneruskan dan mewarnai makna dari kemerdekaan kami ini dengan bekerja keras tetapi juga tdk lepas dari bekerjasama secara lebih baik dari waktu kewaktu baik antara kami di TL maupun kerjasama dengan bangsa lain sebagai generasi pewaris, penerus dan penjaga budaya lokal sebagai akar dari karakter khas yang dimiliki oleh bangsa Maubere di pelantara Timor Leste tercintda Viva Timor Leste…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s