Timor Leste Merdeka

Just for you.

Just for you.

Sejak kecil aku sering di doktrin dari paman – paman aku bahwa tetap berintegrasi bersama Indonesia artinya menderita seumur hidup, hak sebagai manusia di cabut, segala bentuk kekayaan bumi LoroSa’e di kuasai oleh Indonesia. Ketika berumur sekitar 15 tahun baru aku sadari dan melihat dengan mata kepala sendiri bahwa memang apa yang dikatakan oleh paman – paman saya 100% benar dan terbukti. Merdeka dan Lepas dari Indonesia itu memang sangat enak, kita bisa bergerak secara leluasa, militer dan polisi adalah orang – orang Timor Leste sendiri dimana waktu bekerja benar – benar memberikan hidupnya untuk membangun Timor Leste….

2 thoughts on “Timor Leste Merdeka

  1. Saya warga negara Republik Indonesia meminta maaf yang sebesar-besarnya atas ketidaktahuan saya tentang sejarah ini.
    Jujur baru kali ini saya membaca sejarah timor leste yang sesungguhnya.

    Dahulu waktu aku masih duduk dibangku SD sangat kecewa terhadap TIM-TIM (nama timor – timur yang akrab saya dengar) waktu mau pisah dari NKRI.

    Bukan Sekedar karena saya merasa bahwa kita satu negara, akan tetapi ada unsur yang mendalam yang membuat saya kecewa pada saat itu.,, yaitu karena saya seorang KRISTEN, jadi karena saya tahu bahwa TIM-TIM hampir 90% katholik jadi saya merasa bahwa kami akan kehilangan kalian,
    sekalipun saya berada di ujung paling BARAT INDONESIA yaitu di PULAU NIAS, namun rasa tak rela itu sangat membekas dihati saya hingga saat ini sampai akhirnya saya temukan Website ini pertanggal 27 Juni 2012 ini.

    Sungguh sebuah sejarah yang tertutup bagi saya dan mungkin keseluruhan orang2 yang ada di ujung barat indonesia, maklum karena kita terpisah jauh kalian di timur kami dibarat.

    akan tetapi saya baru tahu sejarah yang sesungguhnya. aku semakin bangga dengan kalian yang ada di TIMOR LESTE yang bebas dalam menjalankan ibadah…, karena hingga saat ini masih ada beberapa kasus pembatasan gerak ibadah diberbagai daerah di negara saya (RI).

    dahulu bahkan aku kesal banget waktu mendengar berita TV kalian memberontak dari NKRI., karena jujur aku sendiri merasa kehilangan saat itu. NAMUN PUJI TUHAN, kalian bisa bebas dari jajahan negara kami. atas nama bangsa saya mewaliki permintamaafan kami.

    sekarang saya sangat terharu atas apa yang TERJADI SESUNGGUHNYA dan tidak ku ketahui hampir seumur hidupku hingga saat ini.

    Seandainya saya punya waktu, saya mau berkunjung ke TIMOR LESTE. tapi smuanya tidak ada yang mustahil. semoga kita bisa ketemu.

    GOD BLESS TIMOR LESTE.

    NB : kalau ada info-2 penting lainnya yang mungkin belum saya tahu, tolong di share ya ke emailku : black_nias@yahoo.co.id.
    agar aku semakin bisa memahami apa yang telah terjadi.

Leave a Reply

