Perkembangan Timor Leste 2009

Perkembangan Timor Leste 2009

Perkembangan Timor Leste 2009

Perkembangan Timor Leste 2009

Timor Leste di tahun 2009 semakin mengalami banyak perubahan, adanya partisipasi dari berbagai macam elemen masyarakat khususnya dalam hal kesadaran untuk memelihara perdamaian dan persatuan membawa rakyat Timor Leste ke arah yang lebih maju lagi. Berbagai pengungsi Timor Leste yang pada tahun 2009 memilih untuk tetap bergabung dengan negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) perlahan lahan mulai sadar dan sering bepergian ke negara Timor Leste, kebanyakan dari mereka mengatakan bahwa mereka menyesal karena dulu memilih paket otonomi yang ditawarkan dalam jajak pendapat 1999. Anak cucu mereka sering menanyakan asal mereka yang seringkali pertanyaan tersebut sangat menusuk hati mereka. Timor Leste sekarang sudah lebih baik, akan tetapi yang menjadi masalah adalah munculnya kecemburuan sosial antara masyarakat Timor Leste dengan anak cucu dari mereka yang memilih otonomi yang saat ini bekerja di Timor Leste dengan berpasporkan Indonesia, sedangkan orang tua mereka memilih menetap di Indonesia karena dulu orang tua mereka memilih paket otonomi dan tidak memilih kemerdekaan. Kebanyakan dari mereka yang memilih untuk tetap menjadi warga negara Indonesia sekarang ini mulai merasa stress karena mereka mulai tahu bahwa saudara – saudara mereka di Timor Leste sekarang hidupnya sudah sangat baik, dimana mereka memiliki banyak kesempatan kerja dan memiliki harapan yang sangat baik dibandingkan mereka yang hidupnya tidak maju – maju. Akan tetapi Timor Leste adalah milik kita semua, bila dari dulu kita tidak merasa berbuat jahat terhadap sesama orang Timor Leste pada saat masih berintegrasi dengan Indonesai maka anda bebas bepergian ke Timor Leste, akan tetapi Timor Leste adalah sebuah negara dengan adat istiadat yang kuat kepercayaan kepada benda – benda gaib dan alam masih sangat kuat oleh sebab itu, bila seseorang asli Timor Leste yang dulu pernah menghina tanah kelahiranya Timor Leste lebih baik tidak boleh kembali dan meminum air ataupun menghirup udara di negara Timor Leste karena yang akan menghukumnya adalah kekuatan alam Timor Leste. Marilah membangun Timor Leste ke arah yang lebih baik. Untuk semua anak bangsa Timor Leste yang sekarang sudah berada di seluruh dunia tetaplah mendoakan Timor Leste untuk kemajuan yang sangat baik lagi di bidang MILITER, Pendidikan, Kesehatan, Pertanian, Perekonomian, Infrastruktur dan lain sebagainya.

God Bless Timor Leste.

2 thoughts on “Perkembangan Timor Leste 2009

  1. Bersyukur atas kemajuan Timor Leste saya merasa bangga, negara boleh berbeda tapi emosi dan rasa memiliki tetap sama, saya akan tetap sertakan Timor Leste dalam Solat malamku, tetap terima warga keturunanyg ada di Indonesia kita tetap sama

  2. Segenap jiwa dan raga rakyat maubere.bejuang tuk menentukan hakikat dan martabat rayat maubera.FRETILIN HANYA FRETILIN YG MENJADI PENUNJUK JALAN MENUJU KEMRDEKAAN RAYAT MAUBERE.FRETITLI -FRETILIN SUNGUH MULIA BAGI RAYAT MAUBERE.JOMAT.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s