Mengapa Angkatan Bersenjata Timor Leste di Bentuk????

Marinir-Timor-Leste-Sedang-Dilatih-Oleh-Tentara-Amerika

Marinir-Timor-Leste-Sedang-Dilatih-Oleh-Tentara-Amerika

Melihat kembali ke masa lalu Timor Leste ketika dibawah Penjajahan Indonesia, para pemimpin Timor Leste di dalam dan Luar Negeri, telah menyepakati bahwa Bila Timor Leste merdeka maka, Timor Leste akan berdiri dan menjadi sebuah negara sendiri TANPA TENTARA DAN HANYA POLISI. Draft pembentukan sebuah negara TANPA TENTARA tersebut telah disetujui oleh segenap lapisan pemimpin perlawanan Timor Leste termasuk USKUP BELO PEMIMPIN SPIRITUAL UMAT KATOLIk TIMOR LESTE. Negara TANPA TENTARA tersebut merupakan draft pemerintahan yang telah SEMPURNA.KARENA mereka beranggapan bahwa TENTARA hanya akan mengkonsumsi banyak ANGGARAN NEGARA padahal Zaman MILENIUM merupakan jaman dimana orang – orang mengejar PEREKONOMIAN dan bukan PERANG ANTAR NEGARA melainkan melalui jalan DIALOG dan DIPLOMASI dan MENGHINDARI PERANG. Perang hanya akan membawa bencana dan negara lain yang mendukung perang tersebut justru akan semakin KUAT. Akan tetapi rencana pemerintahan sebuah negara Timor Leste TANPA TENTARA tersebut dirubah pada awal tahun 1999 ketika Militer Indonesia membentuk MILISI PRO INDONESIA dalam REFERENDUM pada tahun 1999. Mengingat bahwa bila nantinya Timor Leste merdeka maka para MILISI BENTUKAN TNI tersebut dapat sewaktu – waktu mengancam kedaulatan negara Timor Leste maka, para pemimpin Timor Leste mengubah rencana yang sebelumnya tanpa TENTARA menjadi negara dengan ANGKATAN BERSENJATA.

Timor-Leste-2009

Timor-Leste-2009

Timor-Leste-2010

Timor-Leste-2010

Krisis 2006 Timor Leste, Ada Campur Tangan Australia.

Pemerintah Terpilih Timor Leste yaitu melalui pemilihan langsung oleh rakyat Timor Leste pertama kali setelah merdeka dilakukan pada tahun 2002. Pada tahun 2002, rakyat Timor Leste secara langsung memilih seorang presiden.Pada pemilihan berikutnya rakyat Timor Leste memilih partai FRETILIN dan hingga partai tersebut hampir memenangkan 100% pemilihan umum Timor Leste tahun 2002 tersebut.

Partai FRETILIN kemudian memilih MARI BIN AMUDE ALKATIRI (seorang MUSLIM) yang pada tahun 1975 sudah menjabat sebagai sekretaris jenderal FRETILIN menjadi PERDANA MENTERI pertama Timor Leste yang dalam sejarah dunia merupakan satu – satunya seorang MUSLIM yang memimpin negara dengan mayoritas penduduk yang beragama KATOLIK. Negara – negara di PBB pun hampir tak percaya dengan keadaan tersebut, akan tetapi itulah realitas di Timor Leste. Agama tidak mengurus pemerintahan, dan TOLERANSI antar umat beragama di Timor Leste merupakan sebuah contoh yang SANGAT BAGUS dan PATUT untuk diteladani. Pada tahun 2005 mendekati periode akhir pemerintahan FRETILIN,terjadi aksi mengulingkan PEMERINTAHAN SAH FRETILIN. Belakangan baru diketahui bahwa Para demonstran ternyata di bantu oleh KEDUTAAN BESAR AMERIKA SERIKAT dan Australia di DILI. Pada tahun 2005 tersebut, hampir saja pemerintahan FRETILIN digulingkan.

Timor-Leste-Menjadi-Anggota-PBB-yang-ke-191

Timor-Leste-Menjadi-Anggota-PBB-yang-ke-191

Seminggu setelah demonstrasi tersebut terkuak bahwa, dua orang INTELIJEN AUSTRALIA menemui Uskup DIOSES DIli dan BAUCAU uskup Rikardo dan Uskup Basilio untuk membicarakn KUDETA MILITER (skenarionya akan disamakan dengan G30-SPKI Indonesia) dimana para veteran dan jenderal justru akan dibantai. Kedua Uskup tersebut ternyata membawa Intelijen AUSTRALIA menuju ke markas MILITER TIMOR LESTE untuk menemui JENDERAL TAUR MATAN RUAK. Pada saat pertemuan, Intelijen atau AGEN ASUTRALIA tersebut mendorong Jenderal TAur Matan RUAK untuk melakukan kudeta MILITER guna menjatuhkan MARI BIN AMUDI ALKATIRI (seorang muslim) dan perdana menteri pertama Timor Leste tersebut. FRETILIn dan Mari Bin AMUDI ALKATIRI yang sangat disegani oleh ASUTRALIA untuk tetap berkuasa. AMERIKA tidak menyukai MARI ALKATIRI karena disamping sebagai seorang muslim juga MENOLAK permintaan AMERIKA untuk membeli sebuah pulau di TIMOR LESTE untuk dijadikan sebagai pangkalan MILITER AMERIKA di kawasan Asia Tenggara untuk memonitor INDONESIA, CHINA, VIETNAM dan KAMBOJA.

Tentara-Rekrutan-Baru-Timor-Leste-2010.

Tentara-Rekrutan-Baru-Timor-Leste-2010.

Belakangan diketahui bahwa Dasar Pulau tersebut ternyata sangat bagus untuk pelabuhan KAPAL SELAM AMERIKA BERUKURUAN RAKSASA dan juga Pulau tersebut memiliki URANIUM. Jenderal Taur Matan RUAK menolak dengan alasan Tidak Ingin Membuat Rakyat Timor Leste menderita lagi karena perang. Ketika hal ini terkuak, banyak rakyat Timor Leste mersaa prihatin dengan sikap uskup dan gereja katolik yang mendukung Intelijen AUSTRALIA tersebut. Mengapa ASU-TRALIA sangat membenci MARI ALKATIRI???? Jawabanya adalah Mari Bin AMUDI ALKATIRI adalah seorang MUSLIM, dan juga sebagai pembuat kebijakan – kebijakan yang justru membatasi gerak para investor Australia dan Barat untuk tidak memiliki atau membeli tanah di Timor Leste. Mari ALkatiri menetapkan Undang – Undang dimana mengatakan bahwa ORANg ASING dilarang memiliki TANAH di Timor Leste kecuali hanya MENGONTRAK hal ini memang sangat relevan dengan Timor Leste dimana negara Timor Leste adalah negara yang kecil, bila para investor barat dan Australia memiliki hak atas tanah di Timor Leste maka kemanakah rakyat Timor Leste akan pergi???? ASUTRALIA JUGA Sangat MENGINCAR KEUNTUNGAN Di TIMOR GAP dan ingin secara TAMAK menguasai LADANg MINYAK tersebut. Rakyat Timor Leste sangat menghormati MARI ALKATIRI dan memandang MARI ALKATIRI sebagai seorang sosok sejati yang mewakili orang Timor Leste dan bukan PENJILAT dan bukan budak atas KEINGINAN negara – negara barat, dan merupakan seorang negosiator yang ulung. Xanana Gusmao dan Ramos Horta masih mendengarkan dan menuruti Semua manusia adalah sama dan memiliki keinginan yang sama yaitu HIDUP BERKECUKUPAN dan TENANG dan bukan PERANG. Tapi ternyata KRISIS di Timor Leste pada tahun 2006 dibawa oleh AUSTRALIA.

Terima Kasih.

Pasukan-Adat-Timor-Leste-2009

Pasukan-Adat-Timor-Leste-2009

God Bless Timor Leste dan God Bless Orang – Orang Timor Leste Yang Memilih Menjadi Warga Negara indonesia, jika kalian tidak kembali ke Timor Leste biarkanlah Anak- Anak kalian mengunjungi Timor Leste. Kalian masih memiliki saudara – saudara di Timor Leste dan rumah di Timor Leste. AKAR dan ASAL kalian adalah Timor Leste negara yang memiliki ADAT ISTIADAT yang kuat. Bila saat kalian meninggalkan Timor Leste pada tahun 1999 kalian tidak mengucapkan kata – kata kotor kepada TANAH LELUHUR TIMOR LESTE, maka kalian tidak akan kenapa – kenapa saat menginjak TANAH LELUHUR TIMOR LESTE, akan tetapi bila kalian berbuat sebaliknya maka biarkanlah anak – anak kalian saja yang mengunjungi Timor Leste.

Galleries: Polisi dan Tentara Timor Leste (Peace Movement):

Polisi -Lalu-LintasTimor-Leste

Polisi -Lalu-LintasTimor-Leste

11 thoughts on “Mengapa Angkatan Bersenjata Timor Leste di Bentuk????

  1. salam persahabatan,,wah ternyata jadi runyam yah masalah luar negeri..semoga timor leste tetap mampu menjaga kedaulatannya di tengah2 intervensi negara adidaya..viva pribumi!!

  2. ami,,hirak,,,nebe,,,mai iha nasaun indonesia,,,aban bai rua ami sei fila fali ba,,ami nia rai moris fatin.laoo,katak ami nega rai noris fatin,,,maibe,,ami sei buka moris,,no ami mos sei estuda kona ba buat hirak nebe,,mak iha timor seidauk iha,,ami nia moris,,no,,ami nia mate,,iha aman maromak nia liman laran,,,mate ka moris,,,timor mak ami sei la nega,,no,,haluhan.viva TIMOR,,!!!!!

  3. Semoga rakyat & Pemimpin Timor Leste tidak akan tertipu negara2 tersebut. Walaupun kita sudah berbeda negara, akan tetapi saya Tidak rela dan sedih jika Timor Leste sampai dikuasai Amerika & Kroni2nya.

  4. 3. Pasukan Timor Leste

    Wakil Panglima Republik Demokratik Timor Leste (RDTL) Brigjen Filomeno Da Paixao De Jesus meminta Kopassus melatih pasukan militer Timor Leste. Hal itu disampaikan Filomeno saat bertamu ke Mabes TNI AD Jalan Veteran, Jakarta Pusat, pada 27 September 2012 lalu.

    “Timor Leste ingin membangun masa depan bersama dengan TNI Angkatan Darat Khususnya dalam bidang keamanan,” ujarnya.

    Pihaknya menilai TNI AD merupakan pihak yang tepat untuk bekerjasama. Karena itu, dia berharap TNI melalui Kopassus mau melatih prajurit Timor Leste.

    Menanggapi hal itu, Wakil Kepala Staff Angkatan Darat Letjen TNI Budiman mengatakan akan membuka diri atas permintaan militer Timor Leste.

    “Kerjasama pendidikan bintara dan tantama dapat dilatih di Rindam IX Udayana dan perwiranya di Bandung,” ujar Budiman.

    Pihaknya juga akan memfasilitasi Timor Leste membeli sejumlah senjata produk PT Pindad dan pakaian seragam militer di Sritex.

    Sumber: http://www.merdeka.com/peristiwa/pasukan-militer-di-negara-ini-dilatih-kopassus/pasukan-timor-leste.html

  5. Salam dri indonesia.

    Bangunlah negerimu timleste. Kalo ane menyarankan negara timleste jangan mau di atur oleh negara bsar(ASu,asutralia n inggris dkk) kita tau mereka itu gimana mrk cuma memanfaatkan negara dunia ke-3 . Dan ane selaku org indo terimakasih trhadap kebijakan pemetintah anda menolak ASu beli pulau d t4 anda karena bisa mengancam RI viva timleste viva R.I

  6. Kalian setelah merdeka harus ttp menjadi manusia yg bebas dan independen.Sebagai WNI saya ikut mendukung independensi negara Timor Leste.Jgn prnah sekalipun kalian brkompromi dengan bgsa barat manapun kecuali hanya utk urusan transfer sains dan teknologi.Bgsa barat tentunya pya agenda jahat trhadap kelangsungan bangsa-bangsa berkembang di belahan dunia manapun dengan tujuan utk menganeksasi dan mengeksplotasi sumber daya alam yg dimiliki bangsa-bangsa trsbut.Tetaplah bergandengan tangan bersama kami bangsa Indonesia sebagai saudara yang saling mendukung dan saling bekerjasama.MAJU DAN MERDEKA BANGSA-BANGSA BERKEMBANG DI BELAHAN DUNIA MANAPUN!!!

  7. Slm knal kwan,,, q 25 thn. Tpi hati sy terpikat dgn TL. tpi sygx q tdk tau bhasa TL.apa masi pakai bhasa indonesia jga?? pngin jalan2 k Dili. O DOMIN DILI.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s